Maksimalkan Tugas dan Wewenang Mediasi, Bawaslu Sumsel Bekerja sama dengan Justitia Training Center dalam Selenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Mediator

Pembukaan Pelatihan dan Sertifikasi Mediator Bawaslu se-Provinsi Sumatera Selatan

MediaJustitia.com: Memfokuskan diri pada pengembangan kompetensi di bidang Alternatif Penyelesaian Sengketa (APS), Justitia Training Center mengemban kepercayaan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Selatan dalam menyelenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Mediator se-Provinsi Sumatera Selatan.

Kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari suksesi Pelatihan dan Sertifikasi Bawaslu di berbagai provinsi oleh Justitia Training Center. Secara resmi, Justitia Training Center telah dipercaya oleh Bawaslu Kalimantan Selatan, Bawaslu Lampung, dan juga Bawaslu RI yang mengundang seluruh perwakilan Bawaslu dari seluruh provinsi di Indonesia.

“Di usia yang ke-5 ini, kami telah menjalin kerja sama baik di lingkup nasional maupun internasional dengan beberapa instansi dan terafiliasi secara resmi dengan Singapore International Arbitration Centre (SIAC), Asian International Arbitration Centre (AIAC), Rajah Tann Singapore Lawfirm, dan National University of Singapore,” Dhea Yulia Maharani, S,H., C.Med. (Corporate Secretary Justitia Training Center) dalam sambutannya.

Penguasaan pemahaman terhadap mediasi dinilai penting oleh Ketua Bawaslu Sumsel, Yenli Elmanoferi. Menurutnya, salah satu peran Bawaslu adalah untuk melakukan mediasi, sehingga setelah mengikuti kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Mediator, anggota Bawaslu dapat melaksanakan tugas dan wewenangnya dengan lebih maksimal lagi.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang kita nanti-nantikan. Sejak tahun lalu memang sudah diagendakan Pelatihan Mediator untuk seluruh penyelenggara di kabupaten/kota. Pada kesemaptan kali ini kami juga mengucapkan terima kasih kepada Justitia karena telah menjadi bagian penting dalam memberi pengetahuan dan pengalaman dengan menambah teori serta wawasan mengenai mediasi bagi kawan-kawan di kabupaten/kota dalam melaksanakan kewenangannya,” sambung Yenli.

Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Mediator Bawaslu se-Provinsi Sumatera Selatan

Terlaksana pada 24 – 28 Oktober 2022 secara luring dengan diikuti oleh 26 peserta terdaftar, Justitia Training Center berupaya untuk menghadirkan pelatihan yang komprehensif dengan menghadirkan Dr. Diah Sulastri Dewi, S.H., M.H. (Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Padang); Prof. Hikmahanto Juwana., S.H., LL.M. (Guru Besar Universitas Indonesia); Dr. H. Edi Hudiata,, Lc., M.H. (Asisten Wakil Ketua Mahkamah Agung RI bidang Non Yudisial); Ismu Bahaiduri., S.H., M.H. (Hakim Mahkamah Agung); Hyang Ismalya Mihardja, S.H., MBA. (Mediator berpengalaman sejak 2005); Dhea Yulia Maharani, S.H., C.Med (Trainer Mahkamah Agung/Corsec Justitia Training Center); Andriansyah Tiawarman K., S.H., M.H. (Trainer Mahkamah Agung/Presiden Direktur Justitia Training Center).

Meskipun terselenggara secara luring, Justitia dan Bawaslu berharap kegiatan dapat bermanfaat dan diterima dengan baik oleh para peserta, sehingga dapat diterapkan dalam melaksanakan tugas dan wewenang sebagai Bawaslu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »