Pembukaan In House Training Legal Audit dan Legal Opinion Drafting untuk Kementerian ESDM RI

eserta Kegiatan Bersama Narasumber Hari Pertama Dr. Ahmad Redi, S.H., M.H.

MediaJustitia.com: Mengemban kepercayaan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM RI), Justitia Training Center selenggarakan In House Training Legal Audit dan Legal Opinion Drafting bagi Biro Hukum Kementerian ESDM RI.

Kegiatan berlangsung pada 21-22 Maret 2022 di Aston Tropicana Cihampelas, Bandung. Peserta kegiatan merupakan 10 orang terpilih dari Biro Hukum Kementerian ESDM RI yang terdiri atas para perancang perundang-undangan dan analis hukum.

“Adalah sebuah kehormatan bagi kami dapat dipercaya oleh Kementerian ESDM RI untuk menyelenggarakan Pelatihan Hukum dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan kemampuan SDMnya, khususnya pada bidang Legal Audit dan Legal Opinion,” ujar Dhea Yulia Maharani, S.H., C.Med selaku Corporate Secretary Justitia Training Center dalam sambutannya.

Sejatinya, kerja sama antara Justitia Training Center dan Kementerian ESDM RI telah terlaksana sejak tahun 2019, yakni ketika Ignasius Jonan diwakili Staff Khususnya menghadiri peluncuran program Pelatihan Konsultan Hukum Pertambangan Justitia Training Center.

Dukungan Kementerian ESDM RI kepada Justitia Training Center kembali terjalin melalui surat tertulis yang ditandatangani oleh Ir. Bambang Gatot Ariyono tentang Dukung Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi oleh Perkumpulan Konsultan Hukum dan Pengacara Pertambangan Indonesia (PERKHAPPI) dibawah naungan LSP Justitia.

“Dibawah kepemimpinan Bapak Andriansyah Tiawarman K dan arahan serta dukungan maha guru kami, Prof. Hikmahanto Juwana, juga Prof. Dr. Faisal Santiago, kami optimis Kerjasama dan kepercayaan yang telah dibangun antara Justitia Training Center dan Kementerian ESDM RI dapat terus terlaksana dengan baik,” sambung Dhea.

Sambutan Kepala Biro Hukum Kementerian ESDM RI, Bapak M. Idris F Sihite, S.H., M.H.

Terlaksananya In House Training Legal Audit dan Legal Opinion Drafting dilatarbelakangi oleh ekspektasi Mentri yang ingin menjadikan Biro Hukum sebagai Center of Excellence. Biro Hukum diharapkan mampu memberikan solusi serta menangkap potensi atau mitigasi risiko hukum melalui kualitas penelahaan yang baik.  

Hal tersebut turut disampaikan juga oleh Kepala Biro Hukum Kementerian ESDM RI, Bapak M. Idris F Sihite, S.H., M.H. dalam sambutannya,

“Tentu kita memahami, sektor ESDM saat ini adalah sektor yang kritikal dan potensial perannya dalam pembangunan nasional dan juga internasional. Namun hal tersebut tidak bisa kita capai tanpa peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia. Mengingat banyaknya dinamika yang ada di ESDM, saya melihat teman-teman jajaran bidang hukum fokus waktunya terkuras untuk menyelesaikan masalah hukum yang ada, sangat sedikit waktu untuk mencari kerjasama seperti ini untuk mencapai peningkatan kualitas SDM,” ujarnya.

Oleh karenanya, Idris berharap kesempatan tersebut dapat dimaksimalkan oleh seluruh peserta agar kelak dapat memberikan pelayanan maksimal kepada stakeholder melalui peningkatan kapasitas SDM di Kementerian ESDM RI.

Sebagai penutup, Idris juga mengapresiasi Justitia Training Center yang dapat mengakomodir ekspektasi Kementerian ESDM untuk menyelenggarakan pelatihan dalam waktu yang cukup singkat dan berharap akan ada kerjasama sejenis kedepannya untuk dapat melahirkan kolaborasi yang positif dan memberikan sumbangsih yang maksimal untuk bangsa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »