Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Pengacara Pengadaan Indonesia (DPN APPI)
bekerjasama dengan
Justitia Training Center
Mengadakan Pendidikan Khusus Pengacara Pengadaan Angkatan XV
Berdasarkan data dari LKPP, ada sekitar 1.200.000 paket pekerjaan setiap tahunnya di Indonesia. Paket-paket pekerjaan tersebut tersebar di berbagai Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah/Institusi baik pusat maupun daerah. Dengan banyaknya paket pekerjaan yang ditawarkan oleh pemerintah setiap tahun anggaran maka memungkin untuk munculnya protes, sanggahan, rasa tidak puas, dan sengketa mengenai pengadaan barang/jasa baik antara sesama penyedia barang/jasa maupun antara penyedia barang/jasa dengan pemberi pekerjaan. Di dalam Pasal 57 mengenai tahapan pemilihan penyedia barang/pekerjaan konstruksi/jasa lainnya ada diatur mengenai tahapan sanggah kualifikasi, sanggahan terhadap penetapan pemenang dan sanggahan banding.
Di saat paket pekerjaan itu banyak, sumber daya yang melaksanakan proses di Unit Layanan Pengadaan (ULP) itu jumlahnya sedikit Akhirnya mereka akan menyalin antara pengadaan satu dengan pengadaan lain tanpa menelaah lagi secara mendalam. jadi dikarenakan tidak memahami aturan main maka akhirnya Kepolisian, Kejaksaan, KPK, ataupun BPK melakukan pemeriksaan dan akhirnya ada temuan.
Oleh karena itu, diperlukan tenaga pendamping atau tim teknis yang memang dapat mengurangi risiko hukum bagi mereka terutama pengadaan barang dan jasa. Karena pengadaan barang dan jasa ini kan berlaku setiap tahun. Pemerintah itu setiap tahun anggarannya pasti ada untuk pengadaan barang dan jasa. Jadi selama ada pembangunan di negara ini maka pengadaan barang dan jasa akan terus berkembang. dan Pada akhirnya Sumber Daya Manusia di bidang pengadaan barang dan jasa akan menjadoi prospek cerah di masa yang akan datang terutama di bidang hukum. Untuk itu DPN APP bekerjasama dengan Justitia Training Center mengadakan Pendidikan Khusus Pengacara Pengadaan Angkatan XV yang akan dilaksanakan di Jakarta
Pendidikan Khusus Pengacara Pengadaan ini diadakan untuk memberikan pengetahuan Khusus tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah maupun Swasta terutama di Bidang Hukum. hal ini sangat diperlukan di masa yang akan datang karena dewasa ini makin banyak digaungkannya kasus korupsi yang melibatkan pejabat maupun Kepala Daerah terkait Pengadaan Barang dan Jasa. hal ini diakibatkan minimnya Sumber Daya Manusia Di Bidang Hukum yang memahami secara detail tentang Pengadaan Barang dan Jasa.
Pelaksanaan Pendidikan
Hari : Selasa s/d Jumat,
Tanggal :14 s/d 17 November 2017
Ujian Sertifikasi : 17 November 2017
Tempat
Hotel Amaris Juanda Jakrta – Indonesia
Trainer
DPN APPI dan TIM
Persyaratan Pendaftaran Peserta :
- Untuk Sarjana Hukum
– Mengisi Formulir Pendaftaran
– FC Ijazah Sarjana Hukum
– Membayar Biaya Pelatihan
* Peserta Memperoleh Certified Procurement Lawyer (CPL) dari IFPSM
- Untuk Umum
– Mengisi Formulir Pendaftaran
– Membayar Biaya Pelatihan
* Peserta Memperoleh Certified Procurement Specialist (CPS) dari IFPSM
Biaya Pendaftaran dan Ujian Sertifikasi Rp 4.900.000,-
Booking Seat Rp 500.000,-
Pembayaran dilakukan via Transfer ke Rekening BCA KCP Duta Merlin
a/n PT Justitia Global Mandiri
Fasilitas :
- Sertifikat
- Makan Siang
- Coffe Break
- Modul
- Tas
- Flash Disk berisi Materi
Info Selengkapnya Hubungi Kami :
Office
(021) 3501108
Contact Person
Dhea : 0815 9736 977
Rana : 0822 9943 2195
Aldi : 0812 8139 8099
Line@ : @rpv0031v
email : informasi@justitiatraining.co.id
justitia.office@gmail.com
DOWNLOAD POSTER PKPP
RUNDOWN PELATIHAN (70 JAM PELAJARAN)
PENDIDIKAN KHUSUS PENGACARA PENGADAAN (PKPP)
ANGKATAN XIV, 14 – 17 November 2017
Pelaksana : Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Pengacara Pengadaan Indonesia (DPN APPI) bekerjasama dengan Justitia Training Center;
Tempat : Hotel Amaris Juanda, Jl. Ir. H. Juanda No 3, Jakarta Pusat
Hari I Tanggal 14 November 2017
Waktu |
Materi |
JP |
Narasumber |
07:30 – 08:00 08:00 – 09:00 |
Registrasi peserta Pembukaan PKPP Angkatan XII : · Pembukaan acara oleh MC; · Kata Sambutan dari Pimpinan Justitia Training Center (Andriansyah Tiawarman K, S.H.; · Penandatanganan MoU Kerjasama antara DPN APPI dengan Justitia Training Center sekaligus Pertukaran Cinderamata antara kedua belah pihak; · Kata Sambutan Ketua Umum DPN APPI Sekaligus Membuka Kegiatan PKPP Angkatan XIV (Sabela Gayo, S.H., M.H., Ph.D.,CPL.,CPCLE); · Do’a. |
|
Panitia |
09:00 – 09:30 |
Pembekalan Orientasi PKPP APPI |
|
SABELA GAYO, S.H., M.H., Ph.D |
09:30 – 10:45 |
Pretest dan Building Learning Commitment (BLC) Materi 1: Pengantar Pengadaan Barang/Jasa · Gambaran Umum Pengadaan Barang/Jasa · Prinsip, Kebijakan, dan Peraturan Pengadaan Barang/Jasa. · Etika Pengadaan dan Good Governance. · Pengelolaan Dokumen. · Para PihakTerkait. · Pengendalian dan Pengawasan. |
3 |
EDI USMAN ,S.T., M.T |
10:45 – 11:00 |
Istirahat (Coffee Break) |
|
|
11:00 – 12:30 |
Materi 2 : Persiapan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah – Bagian I · Pengkajian Ulang Rencana Umum Pengadaan. · Penyusunan Spesifikasi dan HPS. · JenisKontrak Pengadaan Barang/Jasa. · Jaminan dan Sertifikat Garansi.
|
2 |
|
12:30 – 13:30 |
ISHOMA |
|
|
13.30 – 15.45
|
Materi 3 : Persiapan Pengadaan Barang/Jasa- Bagian 2 · Penetapan Metode Penilaian Kualifikasi. · Penetapan Metode Pemilihan. · Penetapan Metode Penyampaian Dokumen. · Penetapan Metode Evaluasi Penawaran. · Penyusunan Tahapan dan Jadwal Pengadaan. · Penyusunan Dokumen Pengadaan. |
3 |
|
15:45 – 16:00 |
Istirahat (Coffee Break dan Shalat Ashar) |
|
|
16:00 – 17:00 |
Ø Lanjut Materi 3 Ø Kesimpulan Materi 1, 2 dan 3 |
2 |
|
17:30 – 18.00 |
Materi 5 : Swakelola · Perencanaan Swakelola. · Pelaksanaan Swakelola. · Pengawasan dan Evaluasi Swakelola. |
2 |
Hari II Tanggal 15 November 2017
Waktu |
Materi |
JP |
Narasumber |
08:15 – 08:30 |
Review Materi I, II, dan III |
|
Narasumber |
08:30 – 10:45 |
Materi 4: Pelaksanaan Pengadaan Barang, Pekerjaan Konstruksi, Jasa Konsultansi dan Jasa Lainnya – Bagian I · Pengumuman, Pendaftaran, dan Pengambilan Dokumen Prakualifikasi. · Penjelasan Dokumen Prakualifikasi. · Pemasukan dan Pembukaan Dokumen Prakualifikasi. · Evaluasi, Penetapan dan Pengumuman Hasil Prakualifikasi. |
3 |
EDI USMAN,S.T., M.T
|
10:45 – 11:00 |
Istirahat (Coffee Break) |
|
|
11:00 – 12:30 |
Lanjutan Materi 4: Pelaksanaan – Bagian 2 · Undangan/Pengumuman dan Pengambilan Dokumen Pemilihan. · Rapat Penjelasan(Aanwijzing). · Sayembara. · Pemasukan dan Pembukaan Dokumen Penawaran. · Evaluasi Dokumen Penawaran dan Dokumen Barang/Jasa Lainnya dan Pekerjaan Konstruksi. |
2 |
|
12.30 – 13:30 |
ISHOMA |
|
|
13:30 – 15:00 |
Ø Lanjut Materi 4 Ø Kesimpulan Materi 4 bagian 1 dan bagian 2
|
2 |
|
15:00 – 15:45 |
Lanjutan Materi 4: Pelaksanaan – Bagian 3 · Evaluasi Dokumen Penawaran dan Dokumen Kualifikasi Jasa Konsultansi. · Penetapan dan Pengumuman Hasil Pemilihan. · Sanggah dan Pengaduan. · Pelelangan Gagal dan Tindak Lanjutnya. · Penyusunan dan Persiapan Kontrak. · Pelaksanaan KontrakPelaporan dan Penyelesaian Pekerjaan. |
3 |
|
15:45 – 16:00 |
Istirahat(Coffee Break dan Shalat Ashar) |
|
|
16:00 – 17:30 |
Materi 6: Pendayagunaan Produksi Dalam Negeri dan PHLN · Pendayagunaan Produksi Dalam Negeri dan Usaha Kecil. · Pengadaan Barang/Jasa dengan PHLN.
Materi 7: E-Procurement · Pendahuluan · E-Procurement · E-Tendering · E-Purchasing
|
2 |
Hari III Tanggal 15 November 2017
Waktu |
Materi |
JP |
Narasumber |
08:15 – 08:30 |
Review Materi IV, V, VI, VII |
|
|
08:30 – 10:45 |
Materi 8 : Audit Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah · Mekanisme dan Prosedur Audit Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. · Pentingnya Audit Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. · Pengertian, Ruang Lingkup, serta AspekKerugian Negara, serta tumpang tindih Kewenangan beberapa Lembaga Negara dalam Menghitung Kerugian Negara. |
3 |
SUHERMAN, SE.,Ak (Auditor BPKP)
M. Aris Fadillah, S.T.,M.T.
DONKE RIDHON KAHFI, S.H.,M.Sc |
10:45 – 11:00 |
Istirahat (Coffee Break) |
|
|
11:00 – 12:30 |
Materi 9 : Mekanisme Penyelesaian Sengketa, Mediasi dan Arbitrase Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah · Pengertian dan Ruang Lingkup Mediasi dan Arbitrase. · Mekanisme Penyelesaian Sengketa Non Litigasi dalam Sengketa Pengadaan Barang Jasa Pemerintah, meliputi : v Mekanisme Sanggah. v Mekanisme Pengaduan. v Mekanisme Mediasi. v Mekanisme Arbitrase. |
2 |
|
12:30 – 13:30 |
ISHOMA |
|
|
13:30 – 15:45 |
Materi 10 : Manajemen Risiko Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (Procurement Risk Management) · Manajemen Risiko Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di tahap Perencanaan, Pemilihan, Penandatanganan Kontrak, Pelaksanaan, Serah Terima Pekerjaan, dan Pemanfaatan Barang/Jasa. · Antisipasi Risiko Hukum dan Non-Hukum diproses Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Ø SIMULASI PENYELESAIAN SENGKETA, MEDIASI, DAN ARBITRASE PERKARA PENGADAAN |
2 |
|
15:45 – 16:00 |
Istirahat(Coffee Break dan Shalat Ashar) |
|
|
16:00 – 17:30 |
Materi11: Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) · Pengertian dan Ruang Lingkup KPBU. · Indentifikasi Permasalahan KPBU di Indonesia. · Prosedur dan Mekanisme Proyek KPBU. · Jaminan Proyek KPBU. · Mekanisme Pembayaran Proyek KPBU. · Mekanisme Penyelesaian Sengketa KPBU. · Aspek Hukum Proyek KPBU. |
2 |
Hari IV Tanggal 17 November 2017 Pelaksanaan Ujian Sertifikasi
PKPP XIV
Waktu |
Materi |
JP |
Narasumber |
08:00 – 09:00 |
Persiapan Ujian Sertifikasi. |
|
Panitia |
09:00 – 11:00 |
Pelaksanaan Ujian Sertifikasi. |
2 |
|
11:00 – 12:00 |
Penutupan Pendidikan Khusus Pengacara Pengadaan (PKPP) dan Ujian Sertifikasi PKPP, Sekaligus Pembagian Sertifikat Peserta PKPP. |
1 |
Panitia |