Suksesi Pelatihan Advokasi Kebijakan, PPSDM Kementerian ESDM Percayakan Justitia pada Angkatan II!

Screenshot (554)

Mediajustitia.com: Melanjuti suksesi In House Training Advokasi Kebijakan Angkatan I, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (PPSDM Kementerian SDM) kembali menggandeng Justitia Training Center pada Angkatan II.

“Terima kasih telah mempercayakan Justitia Training Center kembali sebagai penyelenggara Pelatihan Advokasi Kebijakan Angkatan ke-2. Saat ini kami juga tengah mengadakan Pelatihan Arbitrase dan Mediasi sebagai Alternatif Penyelesaian Sengketa Bisnis untuk Kementerian ESDM dalam waktu yang bersamaan,” Andriansyah Tiawarman K, S.H., M.H., CCD., CMLC., CTLC., C.Med. (Presiden Direktur Justitia Training Center)

Kegiatan berlangsung pada 7-9 September 2022 secara daring, dengan diikuti oleh 18 orang aparatur Kementerian ESDM.

Bambang Utoro, S.H., M.M., M.Env.Stud (Kepala PPSDM Aparatur Kementerian ESDM RI) menuturkan dalam sambutannya, bahwa pelatihan advokasi kebijakan sangatlah penting mengingat produk setiap instansi pemerintah atau publik adalah kebijakan.

“Termasuk juga Kementerian ESDM, produknya adalah kebijakan. Maka dari itu, setiap kebijakan harus dikawal agar benar-benar dapat dilaksanakan. Advokasi kebijakan ada untuk menjamin kebijakan yang kita buat bisa benar-benar dipahami dan dilakukan secara benar sesuai dengan acuan,” imbuhnya.

Guna menciptakan aparatur negara yang memiliki kemampuan dalam pelaksanaan kebijakan, materi pelatihan yang dirumuskan oleh Justitia dan Kementerian ESDM adalah sebagai berikut:

  1. Pengantar dan Konsep Dasar Advokasi
  2. Strategi dan Teknis Advokasi
  3. Kerangka Regulasi Kebijakan
  4. Pemetaan Konteks, Waktu dan Isu dalam Advokasi Kebijakan
  5. Perencanaan, Pelaksanaan dan Monitoring Evaluasi Kebijakan
  6. Kebijakan Strategi Komunikasi Kebijakan
  7. Teknik Pemilihan Media dan Sosialisasi Kebijakan Advokasi
  8. Simulasi / Praktek Kerja
  9. Evaluasi dan Presentasi Hasil Simulasi / Praktek Kerja

Sejatinya, kerja sama antara Justitia Training Center dan Kementerian ESDM RI telah terlaksana sejak tahun 2019, yakni ketika Ignasius Jonan diwakili Staff Khususnya menghadiri peluncuran program Pelatihan Konsultan Hukum Pertambangan Justitia Training Center.

Dukungan Kementerian ESDM RI kepada Justitia Training Center kembali terjalin melalui surat tertulis yang ditandatangani oleh Ir. Bambang Gatot Ariyono tentang Dukung Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi oleh Perkumpulan Konsultan Hukum dan Pengacara Pertambangan Indonesia (PERKHAPPI) dibawah naungan LSP Justitia.

Andrian berharap, Justitia dapat terus berperan aktif sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan yang dapat  menjawab kebutuhan-kebutuhan pengembangan SDM Kementerian ESDM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »